1 November 2014  01:54 WIB
 
Home | Redaksi | Guest Book | Polling | Mailing List | Newsletter | Daftar Edisi | Chat | Kontak Nova
 

NOVA TERBARU
No. 1044 Thn. XVIII


Dapatkan Segera!
Sirkulasi:
Telp 021-2601666

Anda Dan
9 KUNCI MENDIDIK ANAK
Info Praktis
Kotak Bersusun untuk Antaran
Info
ANEKA TIPS
Astrologi
Berlaku sampai 13 Februari 2005
Prediksi Tahun Ayam Kayu
Griya
JERUK PURUT, SI PENDEK YANG RAJIN BERBUAH
 
Best view with IE 5.5 & Netscape Navigator 6.1 or higher.
 

Gangguan Saat Hamil
PUSAR NYERI HINGGA "SARANG LABA-LABA" DI PIPI

Pusing dan mual saat hamil, pasti sudah sering dikeluhkan para calon ibu. Gejala kehamilan lain pun kerap dirasakan meski jarang terdengar atau dikeluhkan. Pernah merasa kesemutan di telapak tangan? Nah, itu salah satunya.

Kehamilan adalah saat yang paling membahagiakan dan ditunggu-tunggu setiap pasangan, khususnya calon ibu. Ada beberapa per-ubahan hormonal dan fisik yang terjadi saat kehamilan mulai berkembang. Beberapa di antaranya sangat umum dan terjadi pada hampir setiap kehamilan, namun ada pula beberapa gejala yang jarang dialami atau dikeluhkan.
 
KLIK - Detail "Justru dengan keluhan itu, wanita merasa menjadi seorang ibu," ujar Dr. Med. Ali Baziad, Sp.OG, dari Klinik Eksekutif Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina, Jakarta. Meski begitu, katanya, "Jangan dipandang sebagai penyakit dan jangan terlalu merasa terganggu. Kalau memang ingin hamil, berarti harus siap dengan gangguan-gangguan tersebut. Kalau ibu datang dengan segala keluhan dan semuanya minta diobati, nanti tiap ibu akan pulang membawa setoples besar obat-obatan. Justru kami, para dokter, paling tidak suka memberi obat pada saat kehamilan," tegas Ali.

Nah, agar tak merasa panik ketika mengalami gejala yang belum pernah didengar sebelumnya, ada baiknya mengenal beberapa gejala di antaranya:

NYERI PADA PUSAR

Mungkin gejala ini terkesan aneh atau jarang sekali terdengar. Yang jelas, bisa sangat menyakitkan, lho. Nyeri pada pusar disebabkan tekanan dari rahim yang membesar. "Tekanan dari bayi yang membesar inilah yang bisa menjadi penyebab nyeri pada pusar."

Untungnya, ini sangat jarang bahkan hampir tidak pernah dikeluhkan ibu hamil. Biasanya bisa sangat mengganggu sekitar minggu ke-20 masa kehamilan. Tapi jangan khawatir. Setelah lewat minggu ini, sakit pun akan mulai mereda.

CAIRAN MENINGKAT
"Aduh, jangan-jangan vagina saya infeksi, dok" Kalimat ini seringkali terdengar dari mulut ibu hamil. Ya, ibu hamil biasanya mengalami keputihan. Artinya, cairan pada vagina makin banyak dan berubah kental. "Pada saat kehamilan, tekanan darah ke vagina meningkat. Akibatnya, sekresi cairan juga akan bertambah. Inilah yang menyebabkan daerah sekitar vagina basah dan lembap sehingga kadang dapat menumbuhkan jamur," jelas Ali.

Tak usah khawatir karena gejala ini normal. "Hanya sebagian kecil yang perlu diobati. Karena jika vagina sangat kering, tidak ada pelicin, juga akan menyusahkan kelahiran." Tentu saja, Anda boleh mulai merasa "aneh" jika cairan tersebut berubah menjadi berwarna kuning kehijauan atau berbau sangat tajam. Jika demikian, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk menentukan apakah terjadi infeksi dan perlu-tidaknya mendapat perawatan. "Untuk mencegah infeksi, ibu hamil harus lebih menjaga kebersihan seputar vagina."

TAPAK TANGAN KESEMUTAN
Jangan salahkan kehamilan jika suatu hari tangan Anda terasa kesemutan atau terasa geli, seperti ada saraf yang menjalar di permukaan telapak tangan. Ini disebut carpal tunnel syndrome. Gejala ini relatif sering terjadi saat kehamilan dan terjadi akibat urat saraf yang tertekan pada pergelangan tangan.

Pada banyak kasus, masalah ini akan hilang setelah kelahiran. Namun ada beberapa ibu yang minta dioperasi untuk menghilangkan gejala ini. Jika ingin merasa sedikit nyaman, lakukan pijatan ringan pada telapak tangan atau gunakan sarung tangan plastik pada malam hari.


| kembali ke atas | print artikel ini | kirim artikel ini
 

Copyright © 2001 www.tabloidnova.com
All rights reserved.